17 September 2009

Vitamin C: Manfaat Bagi Tubuh

Vitamin C, Salah satu dari sekian banyak vitamin yang dibutuhkan bagi tubuh. Vitamin C dapat membuat tubuh segar, bugar dan tahan serangan terhadap penyakit, dan juga ternyata Vitamin C ini juga dapat membuat kulit sehat dan cantik. Karena, Vitamin C berperan penting dalam pembentukan kolagen, antioksidan, anti-aging (penuaan dini), menghambat pembentukan melanin, serta memperkuat dinding pembuluh darah kecil (kapiler).

Karena Vitamin C tidak diproduksi oleh tubuh, sehingga untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin ini, Anda harus mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C atau suplemennya (tablet, cairan, kapsul, atau serbuk). Dan pada dasarnya kebutuhan orang dewasa akan vitamin C adalah 60 mg per hari.

Vitamin C yang diberikan di luar tubuh dapat langsung bekerja pada kulit dalam bentuk krim atau serum yang dioleskan dan juga dapat melalui suntikan vitamin C.

Apa saja manfaat dari vitamin C? ini dia 5 manfaat vitamin C:
1. Sebagia antioksidan yang dapat melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas akibat pancaran sinar ultraviolet, polusi dsb. Radikal bebas merupakan salah satu penyebab kulit kusam.
2. Sebagi anti-aging (penuaan dini), karena vitamin C dapat merangsang pertumbuhan sel fibroblas di kulit bagian dalam, selain memperbanyak produksi kolagen. Dengan demikian, kulit dapat tetap “kenyal”, kencang, serta terhindar dari kerutan-kerutan wajah sebelum waktunya.
3. Memberi efek langsung dalam stimulasi pembentukan kolagen pada kulit, sehingga vitamin C dosis tinggi dapat mempercepat penyembuhan luka atau proses setelah tindakan perawatan karena itamin C memperkuat sistem imun tubuh
4. Mengurangi vlek-vlek akibat penuaan dini pada kulit dengan cara menghambat pembentukan melanin
5. Mampu mencegah timbulnya memar di kulit dengan memperkuat dinding pembuluh darah kecil (kapiler)

Tidak ada komentar: