21 Oktober 2009

Argowisata Kebun Teh Wonosari Malang

Argowisata Kebun Tea Wonosari, Malang, Jawa Timur letaknya berada di kaki bukit Gunung Arjuno, rutenya dari Lawang, Malang Sebelah Utara. Ketika sampai di Singosari ada jalan bersimpang ke kiri, tepatnya ke Pebukitan Lawang, medannya berliku, sempit dan bertanjakan tajam. Panjang jalannya sekitar 8 km. Jika para wisatawan yang tidak membawa kendaraan sendiri, tersedia angkutan umum Lawang – Wonosari dengan tarif 3000/orang dan jika ingin mencarter, sekitar 25.000 rupiah sekali jalan.

Perjalanan ketika semakin di atas, udara akan terasa semakin sangat dingin, banyak kebun-kebun buah yang bisa kita lihat di kanan – kiri jalan, serta villa – villa dan rumah mewah yang tidak terlalu banyak memang jika dibandingkan dengan Pebukitan sekitar Bandung yang selalu diserbu para pengembang untuk membuat villa – villa dan rumah – rumah mewah.

Sebelum sampai ke gerbang utama Argowisata Wonosari, akan dipungut retribusi jalan sebesar 1.000 rupiah oleh petugas LPMD Desa Ketindan. Baru setelah akan memasuki kawasan PTPN XII, kita akan membayar tiket sebesar 7.500 rupiah / orang.


Di sekitar lokasi kebun the, Anda bisa melihat-lihat terlebih dahulu, jika ingin ke pabrik pengolah the. Biaya masuk ke pabrik sekitar 50.000 / rombongan (sekitar 10 – 15 orang).

Di sekitar lokasi kebun the juga terdapat fasilitas seperti, kolam pemandian air panas dan permaianan anak. Ada pula penyewaaan kendaraan berupa trailler antik. Untuk mengelilingi perkebunan, biayanya 20.000 rupiah sekali jalan. Pilihan lainnya adalah dengan naik kuda dengan biaya 15.000 rupiah sekali jalan. Atau bisa juga dengan angkutan masal yaitu kereta kelinci, yang memutari kawasan perkebunan dengan sirinenya yang khas.

Kita bisa menikmati hamparan luas yang berwarna hijau yang menyelimuti pebukitan yang tampak bergelombang yang mengikuti tekstur dan kontur tanah pebukitan. Tidak hanya hamparan hijau yang dapat kita nikmati, namun hamparan biru pun dapat kita nikmati, ya…….birunya lereng dan puncak gunung Arjuno yang selalu setia menjadi latar bagi pekebunan tea di Wonosari. Gunung Arjuno yang menjulang dengan ketinggian 3339 meter dpal, terasa begitu dekat dengan puncaknya jika dipandang dari pebukitan tea Wonosari. Namun jika cuaca tidak mendukung, maka Anda tidak dapat melihat keindahan puncak Arjuno.

Lelah dan lapar setelah berkeliling, tidak membawa bekal? Pergilah menuju kedai yang menyuguhkan berbagai makanan dan minuman, salah satunya jagung bakar.

Tidak ada komentar: