5 Oktober 2009

Gunung Papandayan


Gunung Papandayan berada di Kota Garut. Gunung dengan elevasi di bawah 3000-an meter itu sangat terkenal di kalangan para pendaki, khususnya pendaki pemula. Perjalanan menuju ke Papandayan rute akhir jika naik bis adalah di terminal Garut. Dari terminal Garut ini kita sambung dengan colt menuju Cisurupan, sebuah desa di kaki gunung Papandayan. Dari sini pun kita harus menumpang ojek atau kendaraan bak terbuka menuju pos pendakian. Mendaftarkan diri adalah hal pertama yang harus kita lakukan, yaitu dengan menyerahkan foto copy KTP beserta uang masuk sebesar tiga ribu rupiah.

Setelah tiba di pos masuk Papandayan, jika lapar atau haus tidak usah bingung, karena di sekitar pos masuk penjagaan banyak tersedia warung-warung makan dan minum. Dan di sekitar tempat itu pula atau di alun-alun pertama ada sebuah sungai yang dapat kita minum untuk persediaan perjalanan kita menuju alun-alun kedua.

Pendakian dari alun-alun pertama menuju alun-alun yang kedua kita akan melewati dari sisi kawah belerang. Kira-kira 1 - 2 jam (sesuai dengan kemampuan kita mendaki)kita akan tiba di tengah-tengah atau di alun-alun kedua, di situ kita dapat juga mengisi ransum bensin kita untuk persiapan menuju ke puncak Papandayan.

Jika pendakian sudah tidak memungkinkan dikarenakan cuaca atau apapun yang sekiranya kita tidak ingin melanjutkan pendakian, kita dapat mendirikan tenda di tempat tersebut. Di tempat tersebut juga tersedia kamar mandi dan pancuran air.

Melanjutkan perjalanan ke puncak, kita dapat menempuh 2 jalur alternatif, jalur yang pertama adalah jalur pintas, menaiki tebing dengan kemiringan sekitar 70 - 75 derajat dan jalur yang kedua adalah jalur utama, jalan naik namun landai tapi memutar lebih jauh. Setelah sampai puncak kita akan disuguhi hamparan ladang edeleweiss yang sangat indah

Tidak ada komentar: