4 Desember 2009

7 Jurus Usir Selulit


Bagi banyak wanita, selulit merupakan musuh utama. Kehadiran selulit jelas mengurangi keindahan kulit sehingga tidak sedap untuk dipandang mata. Umumnya selulit terbentuk di paha, bokong dan perut, karena memang ketiga area inilah yang berpotensi menumpuk lemak akibat minimnya gerak. Memang sih penumpukan lemak ini juga dipicu oleh hormon, pengaruh gaya hidup dan metabolisme

Selulit juga kerap dialami wanita hamil karena adanya perubahan signifikan kadar hormonal. Akibatnya, tubuh akan memproduksi lebih banyak lemak, di samping cenderung "menyimpan" air. Selulit sendiri adalah penumpukan sel-sel lemak secara berlebihan pada jaringan kulit, akibatnya selulit membuat permukaan kulit jadi tampak tidak rata alias bergelombang seperti kulit jeruk.

Ada 7 jurus jitu yang dapat dicoba untuk mengusir selulit. Lakukan semua jurus tersebut secara terpadu agar hasilnya optimal.

1. Rajin Berolahraga
Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah yang tersumbat sekaligus membakar lemak penyebab selulit. Lakukan olahraga secara teratur 3-5 kali seminggu, masing-masing selama 20-40 menit. Pilihlah jenis olahraga yang dapat membakar lemak, seperti jalan cepat, joging, bersepeda, renang, tenis, badminton, atau lari. Sebelum melakukan olahraga, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter. Hasilnya? otot-otot jadi kencang, hingga tubuh jadi sehat dan bugar.
2. Mengatur Pola Makan
Jika tidak ingin kedatangan selulit, usahakan jangan kelebihan berat badan. Hindari makanan yang mengandung banyak gula, berlemak maupun makanan olahan. Kandungan nutrisi jenis-jenis makanan ini relatif sedikit, tapi amat berpeluang menambah berat badan.
3. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur
Kurang mengonsumsi buah dan sayur segar membuat keseimbangan sodium/potasium terganggu. Ketidakseimbangan inilah yang ikut memicu timbulnya selulit. Jadi, konsumsilah setidaknya 5 porsi buah-buahan dan sayuran segar setiap hari.
4. Usir Lemak dan Toksin dengan Cara Alami
Minumlah segelas air hangat berisi perasan/potongan jeruk lemon segar saat bangun pagi. Ini merupakan cara yang baik dan sederhana untuk mengeluarkan racun dan lemak tubuh. Mengonsumsi bawang bombai dan bawang putih juga dipercaya mampu membuang lemak dan toksin dari tubuh.
5. Lakukan Pemijatan
Lewat pemijatan di titik-titik yang tepat diharapkan aliran darah kembali lancar hingga lemak-lemak yang menumpuk bisa luruh. Pemijatan dapat dilakukan sambil mengoleskan krem penghilang selulit. Sesekali kombinasikan dengan minyak aromaterapi yang dipercaya dapat membantu melancarkan peredarah darah. Caranya, campur 2 tetes minyak fennel/adas ke dalam 3 sendok teh minyak kedelai. Rosemary diyakini mampu memperbaiki sirkulasi darah, sementara adas berkhasiat menghilangkan racun. Lulurkan minyak campuran ini ke bagian-bagian tubuh yang gampang dihinggapi selulit, setidaknya 5 menit setiap hari.
6. Menyikat Tubuh
Menyikat tubuh dapat meningkatkan sirkulasi darah. Gunakan sikat tubuh lembut saat kulit basah ataupun kering. Sikat bagian tubuh yang kerap ditumbuhi selulit. Gunakan gerakan lurus mengarah ke jantung, lakukan setiap hari minimal 5 menit.
7. Banyak Minum Air Putih
Air dapat membersihkan sistem pencernaan sekaligus mengikis racun dari sel-sel tubuh. Amat disarankan untuk memperoleh cairan paling sedikit 2 liter setiap hari. Mengurangi konsumsi kopi, teh dan minuman beralkohol dapat membantu mencegah timbulnya selulit.

Tidak ada komentar: