12 Desember 2009

Setting Menu Display, Agar Kinerja Komputer Optimal


Untuk mengatur tampilan Background, Screen Saver, Effect dan Setting tampilan pada layar monitor biasanya digunakan Menu Display. Pengaturan yang salah dan tidak sesuai dengan kebutuhan dan performa komputer, justru akan menghambat kerja komputer tersebut. Bagaimana Setting menu display yang sesuai.
Tampilan layar tanpa Background dan Wallpaper memang terasa kurang menyenangkan, namun jika kemampuan komputer kita pas-pasan, hal ini akan berakibat pada kinerja komputer yang cenderung lambat. Dengan demikian wallpaper diusahakan agar tetap kosong alias none.
Anda akan melihat komputer dengan perlahan berusaha membentuk wallpaper. Nah hal itu tidak akan terjadi jika Anda memilih tanpa menggunakan wallpaper, memang akan lebih membosankan kelihatannya, tapi jika Anda bekerja dalam program yang berjalan secara full-screen, apakah Anda memperhatikan wallpaper Anda? tentu saja tidak.
Pada tab screen saver jika Anda jarang meninggalkan komputer Anda, sekali komputer menyala, ada baiknya jika Anda matikan screen saver. Screen saver hanya berguna jika anda banyak meninggalkan komputer Anda, atau komputer Anda jarang dimatikan. Selain demi keamanan (screen saver dapat diberikan password).
Screen saver didesain untuk melindungi monitor Anda dari tembakan elektron yang terus menerus yang kalau secara konstan dapat merusak monitor Anda. Jika Anda sampai menggunakan screen saver pun saran screen saver yang terbaik adalah dengan membiarkannya blank (terserah mau keadaan standby - yang lebih menghemat listrik - atau hanya blank), karena monitor tidak menembakkan sinyal elektron sedikitpun sehingga jauh lebih baik dari screen saver yang mengeluarkan gambar.
Tab berikutnya yang dapat diutak-atik adalah tab effect, terutama pada box Visual Effect, Di sana Anda dapat meng-eset settingan efek visual pada Windows Anda, jika Anda mau performa penuh, matikan seluruh efek-efek di atas, tetapi jika Anda mau sedikit menikmati Windows Anda, Anda dapat menyalakan beberapa yang Anda suka, tetapi perlu diingat semakin banyak Anda mengaktifkan opsi-opsi tersebut, semakin berat pula kinerja komputer Anda.

Tab berikutnya adalah tab Web. Jika Anda mempunyai hubungan langsung ke internet secara terus menerus mungkin utility ini akan berguna, tetapi mengingat di Indonesia jarang sekali hal tersebut terjadi maka opsi ini hanya akan membuat komputer Anda semakin lambat saja.
Tujuan awal dibuat Active Dekstop oleh Microsoft adalah agar wallpaper Anda dapat menampilkan informasi secara langsung dari Web, seperti laporan saham, laporan cuaca, berita terkini, dan informasi lainnya.
Tab terakhir yang akan dioptimalisasi adalah tab Settings. Pada tab ini diberikan informasi video card apa yang dipakai komputer. Pada setting Colors, set pada High Color (16 bit). Mungkin VGA Card Anda dapat menampilkan lebih dari 16 bit, kecuali jika Anda bergerak pada bidang grafis, High Color dan True Color tidaklah berbeda jauh, bahkan pada dasarnya sama saja, komputer Anda tambah lambat mungkin iya, karena VGA Card berusaha menampilkan warna dengan kedalaman 32-bit.
Pada bagian Advanced, disini tidak banyak yang Anda dapat ubah kecuali pada bagian Adapters. Pada bagian ini usahakan agar Refresh Ratenya diusahakan setinggi mungkin (jangan pilih optimal).
Ini sangat tergantung kualitas monitor Anda. Semakin tinggi refresh rate monitor Anda, semakin nyaman pula mata Anda menatap monitor. Lalu pada tab Performance, usahakan agar tab Hardware Acceleration di set pada Full, kecuali jika Anda memiliki masalah pada VGA card Anda.

Tidak ada komentar: